Fenomena Halo

 

Kenampakan yang mempesona malam ini muncul di langit Tasikmalaya. Sabtu, 16 April 2011 halo muncul sejak pukul 22.00 WIB. Bulan berpostur penuh terlihat semakin indah dengan dikelilingi cahaya yang membentuk lingkaran.

Menurut ahli astronomi hal ini terjadi diakibatkan oleh pembiasan cahaya bulan oleh titik-titik air saat terjadi kelembapan tinggi di langit/ karena adanya Kristal es dalam awan cirrus yang dingin. Awan ini letaknya cukup dekat dengan permukaan bumi pada ketinggian 5 – 10 km, yakni pada lapisan troposfer atas. Begitu juga dengan halo matahari.

Fenomena optikal ini juga sama dengan spectrum cahaya pada pelangi. Bedanya pelangi terjadi pada pagi atau sore hari setelah hujan sehingga warna yang muncul lebih lengkap karena sudut matahari lebih rendah mengakibatkan partikel air membiaskan cahaya lebih besar.

Fenomena Halo 4.5 5 Riki Ridwana Kenampakan yang mempesona malam ini muncul di langit Tasikmalaya. Sabtu, 16 April 2011 halo muncul sejak pukul 22.00 WIB. Bulan berpostur pe...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.