Gokart Alternatif Atraksi Wisata Jogja

 


Persiapan Perebutan pole position
           Bagi sebagian orang olahraga yang memacu adrenalin ini sangat biasa, tapi bagi kebanyakan orang gokart merupakan olahraga unik yang sama sekali tak biasa dilakukan. Daya tarik inilah yang biasanya menjadi magnet dalam menarik wisatawan untuk mencoba merasakan sendiri kendaran bermotor tanpa polusi ini. Sebuah alternatif wisata di tengah berbagai atraksi wisata yang ada, gokart dapat dilakukan oleh berbagai kalangan baik muda, dewasa atau tua (> 8 tahun), tidak juga memandang gender entah itu pria atau wanita, olahraga yang mulai dilirik wisatawan ini aman untuk para peminatnya.

Standar Opersional Prosedur (SOP) yang diterapkan manajemen, diatur sedemikian rupa agar nyaman dan aman. Salah satu penyedia wisata ini adalah “Jogjakartrack” yang berlokasi di halaman parkir belakang Stadion Maguwohardjo Sleman DIY. Objek wisata yang didirikan tiga tahun silam ini, menerapkan aturan yang cukup melindungi para wisatawan. Kebut-kebutan dengan Kart di lintasan (baca: track) panjang, para “pembalap dadakan” diharuskan mengenakan pakaian khusus yang tersedia dan helm, juga mengenakan sarung tangan dan sepatu. Karena olahrga ini termasuk baru bagi orang awam, sebelum balapan dimulai kita bisa mencoba terlebih dahulu kart yang tersedia barang satu atau dua kali putaran (baca: lap). Setelah agak terbiasa dengan tancapan gas dan rem, meliuk-liuk di lintasan, dan terbiasa memacu kencang pada bagian track yang lurus hingga kepot-kepotan ditikungan 360°, kita siap untuk berkompetisi dengan teman-teman. 

Salah Seorang Pembalap Memperingatkan Pembalap yang Lain
Pertama kali mencoba boleh saja ada perasaan tegang, betapa tidak olahraga yang membesarkan Michael Schumacher ini (wikipedia: 2012), dapat dipacu sampai 50 km/jam dengan getaran-getaran khas yang membutuhkan konsentrasi mengatur kecepatan dan banting setir. Jika tidak cekatan, siap-siap saja bertabrakan dengan paparan ban pembatas, kart yang lain, atau bahkan ditabrak kart teman yang ngebut dari belakang. Goncangan dari benturan keras inilah yang semakin memacu adrenalin. Namun meski begitu, ada aturan main yang jelas yang sama-sama harus ditaati pembalap. Menyalip lawan harus dilakukan di spot tertentu, kart yang sedikit berada dibelakang kart lain harus mengalah pada lintasan yang sempit, dan aturan-aturan lain yang jika dilanggar akan dikenakan diskualifikasi. Peraturan ini dibuat tiada lain untuk keselamatan para pembalap.
Berpose Pasca Balapan

Menginjak tuas gas full, menyalip kart teman dengan mulus sesuai prosedur, dan mengabadikan moment-moment dengan jepretan kamera juga rekaman video, dapat dinikmati hanya dengan tarif Rp. 45.000,- per orang untuk 9 putaran lintasan panjang. Biaya yang relatif lebih terjangkau bisa juga diperoleh dengan memilih paket Rp. 500.000,- untuk durasi 1 jam. Dengan waktu 1 jam kita bisa menikmati 4 buah kart secara bergantian dengan teman-teman, yang bisa terdiri dari 10 sampai dengan 15 orang. Jika anda punya rombongan teman dalam jumlah besar (misal 50 orang) akan lebih menarik lagi dengan memilih paket yang lain. Kompetisi akan lebih seru hingga ditentukan juara untuk naik podium yang diatur oleh manajemen. Lebih lengkapnya monggo datang untuk mencoba.

Tulisan Sebelumnya: "Koreksi Geometrik"
Tulisan Berikutnya: "Banten Ko Malang"
Gokart Alternatif Atraksi Wisata Jogja 4.5 5 Riki Ridwana Persiapan Perebutan pole position            Bagi sebagian orang olahraga yang memacu adrenalin ini sangat biasa, tapi bagi kebanyaka...


2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.