BANDUNG KE TASIKMLAYA part 3

 

Kecil tapi Unik

Perjalanan yang cukup melelahkan dari Tasik ke Bandung atau sebaliknya. Betapa tidak karena selain banyak menembus tanjakan atau turunan perbukitan, sering pula “mendoyongkan” badan ke kiri atau kanan tatkala menemui kelokan-kelokan tajam. Bahkan tak jarang sepanjang jalan antara kota santri dan kota kembang tersebut ditemui tanjakan atau turunan sambil menukik hingga memicu jantung berdebar cukup kencang. Begitulah salah satu keunikan sebagian jalur selatan Jawa Barat.

Ada satu lagi, setelah memasuki gapura “selamat datang” di Kabupetan Tasikmalaya baik dari arah Bandung atau Kota Tasikmalaya coba lirik ke tepi jalan sebelah kiri, kita akan menemui plang kecil setinggi 2 meter dengan interval jarak keberadaan antara satu dengan yang lainnya adalah sekitar 500 meter. Bukan sekedar tiang plang biasa akan tetapi plang tersebut berisikan kalimat-kalimat toyyibah, seperti subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar, dan kalimat lainnya. Bagi siapa yang melihat tentu langsung mengingat untuk bersegera berserah diri kepada sang Maha pencipta.

Bukan sesuatu biasa yang bisa ditemui di setiap tempat, inilah keunikan yang mungkin sengaja dimunculkan oleh pemerintah setempat. Siapapun inisiatornya yang pasti plang berwarna hijau berukuruan 15x40 cm tersebut memberikan banyak manfaat bagi mereka yang sadar. Kalau anda belum pernah melihatnya, coba deh tengok ke kiri jalan ketika melintas di jalur itu. Sekali lagi saya sarankan lebih baik copot headset, atau bangun dari tidur, hilangkan memikirkan hal-hal lain ganti dengan melantunkan dzikir dalam hati, semoga perjalanan kita semakin berkah.

Tulisan Sebelumnya: "Matakuliah Geografi Pertanian"

Tulisan Berikutnya: "Mba+Mbah Stasiun Lempuyangan"

BANDUNG KE TASIKMLAYA part 3 4.5 5 Riki Ridwana Kecil tapi Unik Perjalanan yang cukup melelahkan dari Tasik ke Bandung atau sebaliknya. Betapa tidak karena selain banyak menembus tanjakan ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.