Kitab Tauhid

 

Tauhid adalah pegangan pokok dan sangat menentukan bagi kehidupan manusia, karena tauhid menjadi landasan bagi setiap amal yang dilakukan. Hanya amal yang dilandasi dengan tauhidullah, menurut tuntutan Islam, yang akan menghantarkan manusia kepada kehidupan yang baik dan kebahagiaan yang hakiki di alam akhirat nanti.

Berdasarkan pada pentingnya peranan tauhid dalam kehidupan manusia, maka wajib bagi setiap muslim mempelajarinya. Tauhid bukan sekedar mengenal dan mengerti bahwa pencipta alam semesta ini adalah Allaah; bukan sekedar mengetahui bukti-bukti rasional tentang kebenaran wujud (keberadaan) Nya, dan wahdaniyah (keesaan) Nya, dan bukan pula sekedar mengenal Asma' dan Sifat-Nya.

Iblis mempercayai bahwa Tuhannya adalah Allaah; bahkan mengakui keesaan dan kemaha-kuasaan Allaah dengan meminta kepada Allaah melalui Asma' dan Sifat-Nya. Kaum jahiliyah kuno yang dihadapai Rasulillaah saw juga meyakini bahwa Tuhan Pencipta, Pengatur, Pemelihara dan Penguasa alam semesta ini adalah Allaah. (Lihat Al-Qur'an: 38: 82, 31: 25, 23: 84-49). Namun kepercayaan dan keyakinan mereka itu belumlah menjadikan mereka sebagai makhluk yang berpredikat muslim, yang beriman kepada Allaah swt.

Dari sini timbullah pertanyaan: "Apakah hakikat tauhid itu?

Tauhid adalah pemurnian ibadah kepada Allaah. Maksudnya yaitu: menghambakan diri hanya kepada Allaah secara murni dan konsekwen dengan menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, dengan penuh rasa rendah diri, cinta, harap, dan takut kepada-Nya.

Untuk inilah sebenarnya manusia diciptakan Allaah, dan sesungguhnya misi para Rasul adalah untuk menegakan tauhid dalam pengertian tersebut di atas, mulai dari Rasul pertama sampai Rasul terakhir, yaitu Nabi Muhammad saw. (Lihat Al Qur'an: 16: 36, 21: 25, 7: 59, 65, 73, 85, dan lain-lain). Maka buku di bawah ini mempunyai arti penting dan berharga sekali untuk mengetahui hakikat tauhid dan kemudian menjadikannya sebagai pegangan hidup.

Apa yang diharapkan oleh penulis bukanlah sekedar mengerti dan memahami, tapi lebih dari itu, yaitu: sikap dan pandangan hidup tauhidi yang tercermin dalam keyakinan, tutur kata, dan amalan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita dalam usaha mewujudkan ibadah kepada Allaah swt dengan semurni-murninya.

Link Download: Klik di sini

Baca juga postingan,
sebelumnya: "Jihad bagi Muslimah"

Kitab Tauhid 4.5 5 Riki Ridwana Tauhid adalah pegangan pokok dan sangat menentukan bagi kehidupan manusia, karena tauhid menjadi landasan bagi setiap amal yang dilakukan....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.