Perjalanan ke Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki

 

Darimana pun asalnya tujuan pertama bisa mengarah ke Balikpapan yakni Bandara Sultan  Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, kemudian dilanjutkan ke Kab. Berau yaitu Bandara Kalimarau dengan lama perjalanan 1 jam 20 menit. Dari Bandara diteruskan perjalanan darat menggunakan mini bus (semisal avanz*) ke Dermaga Tanjung Batu lama waktunya 2,5 jam dengan biaya Rp. 900.0000. Kondisi jalan relatif mulus hanya saja jalanan berkelok dgn topografi bergelombang.

Dari Dermaga Tanjung Batu ke Pulau Derawan menggunakan speedboat kecepatan 200pk selama 20 menit. Di sini bisa stay di water villa dengan biaya sewa sekitar Rp.300.000/malam utk dua orang. Dengan moda transportasi yang sama, dari Derawan menyebrang ke Pulau Maratua menghabiskan waktu 1,5 jam. (Atraksi wisata di setiap Pulau silakan bisa di googling). Dari Maratua ke Pulau Kakaban cukup dekat hanya 30 menit. Biaya masuk ke pulau ini Rp.20.000/orang. Destinasi terkahir ke Pulau Sangalaki waktu perjalananny sama sekitar 30 menit, untuk melihat tukik bayar tiket Rp.5000/org. Alhamdulillah selesai sudah perjalanan yang sangat luar biasa ini.

Terakhir, kembali lagi ke Tanjung Batu 1,5 jam. Ongkos speedboat tadi Rp.5.000.000 ukuran sedang isi 15 org kecepatan 200 pk, kalo pake spedboat kecil kecepatan 40 pk isi 5 org ongkosnya sekitar Rp.2.000.000.

Speed boat ukuran sedang bersandar di dermaga Maratua



Perjalanan ke Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki 4.5 5 Riki Ridwana Darimana pun asalnya tujuan pertama bisa mengarah ke Balikpapan yakni Bandara Sultan  Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, kemudian dilanjutkan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.