SELAMAT KULIAH ! ! ! Mahasiswa Baru 2009 Universitas Pendidikan Indonesia

 

Oleh: Riki Ridwana**
**Ketua BEM Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS UPI
**Sekretaris Umum Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (LEPPIM)
**Bidang Eksternal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat PIPS


Kuliah Umum dan Bimbingan Akademik (KUBA) menjadi momentum perdana bagi mahasiswa baru 2009 untuk memulai aktivitas di kampus Bumi Siliwangi. Terlepas dari memanasnya suasana internal kampus oleh pergerakan ormawa UPI sebelum dicetuskan KUBA, saat ini KUBA telah lewat. Maka penulis haturkan selamat kepada mahasiswa baru 2009 Universitas Pendidikan Indonesia untuk menempuh kuliah sesuai dengan spesialisasinya (dibaca: jurusan) masing-masing.

Kuliah di perguruan tinggi akan menjadi penderitaan bagi mahasiswa yang gagal dalam menjalankan perkuliahan. Upaya preventif merupakan solusi antisipatif untuk menghindari kekecawaan yang mendalam dikemudian hari. Bekal pengetahuan mutlak diperlukan oleh mahasiswa baru sebagai modal awal kuliah. Berikut adalah kunci sukses belajar di perguruan tinggi yang dirangkum dari buku yang berjudul “Mahasiswa Pemimpin Masa Depan” karya Dr.Diding Nurdin, M.Pd. dan pengalaman empirik penulis yang masih kuliah pada semester 5.
1.Motivasi Berprestasi
Kekuatan internal ini mempunyai pengaruh yang luar biasa dalam meraih sukses di perguruan tinggi. Motivasi berprestasi yang tinggi akan mendorong untuk senantiasa berupaya keras agar ekspektasi yang ada dapat digenggam. Sebaliknya kalau motivasi berprestasi tidak tumbuh, maka bagaimana mungkin akan mendapatkan kesuksesan yang diharapkan.
2.Kerja Keras
Etos kerja yang tinggi harus dibiasakan ketika menginjakkan kaki di PT. Hal ini tiada lain tuntutan dari berbagai tanggung jawab yang akan di emban oleh sosok mahasiswa ideal. Dengan kerja keras akan memberikan sesuatu yang memuaskan dan bermakna. Karena tidak jarang pula hasil yang diperoleh akan linier dengan proses yang diperbuat.
3.Sabar
Tidak sedikit permasalahan yang ditemui ketika menempuh studi diperguruan tinggi. Bagi yang tidak siap dan salah dalam menyikapi masalah akan membuat masalah semakin besar. Sebagai orang yang beriman hendaknya menghadapi masalah adalah dengan kesabaran. Sabar bukan berarti menerima, sabar bukan berarti pasrah tanpa adanya usaha. Sabar dalam arti ingin berubah. Sabar dalam arti berupaya untuk meraih suatu tujuan dengan penuh keyakinan. Dengan demikian sabar merupakan sikap mental yang ada pada diri seseorang untuk meraih sesuatu dengan berorientasi pada proses.
4.Manajemen diri
Manajemen diri berkaitan erat dengan kemampuan diri dalam mengelola waktu. Ada berbagai kesempatan dan peluang untuk mengoptimalkan waktu dalam keseharian. Tidak ada perbedaan kuantitas waktu yang dimiliki oleh orang sukses dan orang yang terpuruk, yang membedakan hanya bagaimana dalam memanfaatkannya.
5.Memahami Karakteristik Dosen
Memahami karakteristik dosen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam meraih sukses di Perguruan Tinggi. Memahami karakteristik dosen akan mempermudah dalam interaksi dan berkomunikasi. Karena jika tidak cerdas dalam menempatkan diri sebagai mahasiswa dihadapan dosen, bisa saja dapat merugikan posisi sebagai mahasiswa.
6.Menjalin Komunikasi dengan Teman
Kontribusi teman tidak dapat dilepaskan dari berbagai aktivitas di perguruan tinggi. Maka menghargai, menghormati, menjalin kebersamaan dengan teman merupakan suatu keharusan.
7.Berdoa dengan Penuh Harap
Seorang mahasiswa yang membiasakan dirinya hidup dengan doa akan menghantarkan dirinya semakin percaya diri, tidak pantang menyerah, tidak sombong, dan memiliki suatu keyakinan yang menghantarkan dirinya pada kesuksesan.
8.Bersyukur
Hanya 5% rakyat Indonesia yang dapat melanjutkan studinya sampai ke jenjang perguruan tinggi. Mahasiswa adalah orang yang memiliki kesempatan untuk menikmati, mengikuti, dan harus memanfaatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi dengan sebaik-baiknya. Kemampuan untuk menggunakan dan memanfaatkan kesempatan belajar dengan sebaik-baiknya adalah bentuk syukur yang sesungguhnya.
9.Menghormati dan Memuliakan Dosen/Guru
Dosen adalah orang yang diberikan kepercayaan, tugas, dan tanggung jawab yang tinggi untuk mencerdaskan mahasiswa. Sudah sepantasnya dosen dan mahasiswa membangun hubungan yang dialogis, komunikatif, saling menghormati dan saling menghargai. Sikap yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa agar memperoleh kemudahan dan bermanfaat ilmunya adalah menghormati dan memuliakan dosen/ guru.

Kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi, konsistensi, dan bertindak cepat dan tepat jadi faktor penting berikutnya dalam meraih sukses belajar di perguruan tinggi. Sukses tidaknya seorang mahasiswa dalam perkuliahan tidak terbatas pada metode dari hasil empiris ataupun analisis ahli semata, besar kemungkinan seorang mahasiswa mempunyai metode dan strategi tersendiri (dibaca: khas) yang tidak sama dengan yang lain. Tulisan singkat ini hanya sebatas pangantar dalam memulai perkuliahan. Masih banyak hal lain yang dapat menunjang untuk mencapai kesuksesan belajar di perguruan tinggi. Namun sesingkat apapun tulisan ini, semoga dapat memberikan manfaat.http://www.rikiridwana.co.cc/2011/06/peran-strategis-mahasiswa.html
SELAMAT KULIAH ! ! ! Mahasiswa Baru 2009 Universitas Pendidikan Indonesia 4.5 5 Riki Ridwana Oleh: Riki Ridwana ** **Ketua BEM Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS UPI **Sekretaris Umum Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.