Wisata Alam Curug Sidomba dan Cigugur

 


            Sekian banyak objek wisata alam suguhan Kabupaten Kuningan, dua diantaranya tidak kalah menarik dengan yang lain yakni Curug Sidomba dan Cigugur. Kenapa hanya dua tempat ini saja? Lokasi menjadi salah satu alasan, karena keduanya terletak tidak berjauhan namun menyuguhkan atraksi wisata yang berbeda. Kurang dari 15 menit menggunakan kendaraan bermotor, wisatawan sudah bisa menjangkau kedua tempat tersebut baik dari Curug Sidomba ke Cigugur ataupun sebaliknya. Disamping itu, rasa-rasanya Curug Sidomba dan Cigugur menjadi objek wisata alam yang tidak asing di dengar.

Curug Sidomba
Curug Sidomba dapat dijangkau sekitar 2 jam dari alun-alun Ciamis atau sekitar 5 jam berkendaraan motor dari ibu kota Propinsi Jawa Barat. Aksesibilitas yang baik membuat perjalanan mencapai tempat wisata menjadi nyaman. Meskipun agak berkelok-kelok namun jalanan sudah di hotmix dan cukup lebar. Penunjuk arah cukup jelas untuk menuntun para wisatawan tiba tanpa tersesat. Setelah menembus pemukiman penduduk, di ujung jalan disambut gapura selamat datang sekaligus gerbang ticketing.  Satu orang dikenakan tarif Rp. 5000 untuk menikmati berbagai kemenarikan yang ada di lokasi Curug Sidomba.

Kebersihan ODTW Curug Sidomba
Suasana alam yang asri dan tentunya curug (air terjun) menjadi daya tarik utama disamping fasilitas outbond, camping area, taman bermain anak-anak, kolam ikan, dan lain-lain. Meskipun menonjolkan nuansa alami akan tetapi pembangunan dan penataan bangunan fisik di objek curug Sidomba sudah cukup menunjang. Misalnya saja dengan Mesjid yang cukup besar, toilet bersih, panggung even wisata, café, lapangan parkir luas, gazebo dan sebagainya. Selain sarana yang cukp lengkap, tersedia pula outlet yang menjual cinderamata khas antara lain kerajinan berbentuk domba, kaos dll. Lengkap sudah apa yang bisa kita lihat, apa yang bisa kita lakukan, dan apa yang bisa kita beli dengan berkunjung ke Curug Sidomba.
Kolam Ikan ODTW Curug Sidomba
Setelah berjalan-jalan di Curug Sidomba yang cukup luas  kaki terasa pegal, maka sangat tepat kiranya memutuskan untuk terapi ikan di objek wisata alam Ciguugur. Lokasi objek wisata alam Cigugur terletak di Kelurahan Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Objek wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dilalui jalan aspal dan merupakan jalur propinsi dan dapat dicapai 3 km dari pusat Kota Kuningan, 37 km dari Kota Cirebon, 30 km dari Majalengka, dan 33 km dari Ciledug.
Suasana Objek Wisata Alam Cigugur
Cigugur memiliki kekayaan fauna berupa ikan langka yang dilindungi yaitu Ikan Kancra Bodas atau orang lokal sering menyebutnya Ikan Dewa (Labaebarbus Dournensis) dan ikan ini begitu dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.
Sementara itu untuk terapi alami terdapat ikan alami yang disebut Ikan Mangut (Osteochilus hasseltii) Ikan ini merupakan habitat asli dari kolam cigugur. Manfaat dari ikan terapai ini diantaranya adalah memakan sel kulit mati, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, untuk kecantikan kulit yaitu membantu mengurangi bekas luka di kaki, terapi alam untuk lebih merangsang pertumbuhan sel kulit baru, pada manusia, terapi mengatasi berbagai macam penyakit dalam, menghilangkan pegal-pegal, mengurangi stress (relaksasi), merangsang simpul-simpul syaraf yang melemah, sehingga menjadi sensitif kembali, untuk kesehatan pria dan wanita, menghaluskan kulit sehingga lebih mulus dan masih banyak manfaat lainnya.

Ikan Endemis Kolam Cigugur
Soal tarif untuk masuk ke Cigugur cukup merogoh kantong Rp.7000. Jika ingin diterapi ikan, kita tinggal sewa bangku Rp.2000 agar bisa duduk nyaman dan merasakan sensasi yang tiada duanya, merasakan geli kaki kita digigit-gigit kecil ikan Mangut. Rasakan sendiri!

Tulisan Sebelumnya: "Terkerdilkan Waktu"
Tulisan Berikutnya: "Hijrah ke Jogja"

Wisata Alam Curug Sidomba dan Cigugur 4.5 5 Riki Ridwana             Sekian banyak objek wisata alam suguhan Kabupaten Kuningan, dua diantaranya tidak kalah menarik dengan yang lain yakni Curu...


1 komentar:

  1. Kami tunggu kunjungannya di Sidomba Kuningan, masih banyak wahana wisata yang tersedia di sidomba

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.