Tips Kuliah

 


-yang terabaikan-


#Sigh...
Begitulah luapan ekspresi mahasiswa karena aktivitas rutin perkuliahan.  Entah itu karena suntuk, cape, atau semangatnya yang sedang turun. Maklum mahasiswa juga manusia biasa, pasti pernah merasa energi dan pikirannya terkuras. Tapi meski bagaimanapun juga, tugas mahasiswa yang paling utama adalah belajar sebaik mungkin. Supaya waktu dan masa kuliahnya tidak terlewatkan percuma, atau agar nilai-nilai mata kuliahnya tidak mengecewakan sudah barang tentu perlu strategi. Nah untuk itu, semoga langkah-langkah taktis di bawah ini bisa membuat kita menyerap materi kuliah lebih berbekas dan tahan lama.
Pasal 1
Sebelum Kuliah
Ilustrasi: di dalam kelas sebelum perkuliahan di mulai
1.   Atur waktu istirahat untuk tidak kurang ataupun berlebihan. Terlepas dari aktivitas yang padat, manajemen waktu tidur perlu dilakukan agar ketika kuliah berlangsung tidak mengantuk. Peristiwa alamiah akibat kurang tidur ini akan jadi penghambat dalam proses transfer ilmu. Konsentrasi penuh yang dibutuhkan untuk menyerap substansi perkulihan, seketika itu akan teralihkan untuk berusaha sekuat tenaga menghilangkan ngantuk atau berujung tidur di tempat (dibaca: fatal). Beda cerita jika waktu istirahat terpenhui dengan cukup (tidur berkualitas), sudah barang tentu bisa berkonsentrasi sehingga setiap detil yang terjadi dapat terekam baik dalam memori. Selain itu tidak baik juga mengalokasikan waktu untuk istirahat berlebih, selain bisa berdampak pada kepala pusing alangkah lebih baik lagi jika digunakan untuk melakukan langkah nomor berikutnya.
2.   Usahakan terlebih dahulu membaca materi-materi yang akan dikuliahkan besok. Modal ini akan mempermudah dalam mengikuti jalannya perkuliahan. Menerima materi yang sama dari dosen dengan yang sudah kita baca sebelumnya, akan semakin memperkuat memori kita dalam menyimpan dan mempermudah untuk mengingatnya kembali.
3.   Kondisikan perut dalam keadaan mendukung, baik itu diisi terlebih dahulu atau tidak diisi sama sekali. Tujuannya tiada lain agar tidak mengganngu konsentrasi ketika perkuliahan berlangsung.
Pasal 2
Ketika Perkuliahan Berlangsung
1.   Biasakan mengawali perbuatan baik dengan membaca doa terlebih dahulu.
2.   Fokuskan pikiran kita hanya pada perkuliahan. Tidak ada lagi yang perlu diingat kecuali berusaha untuk menyerap setiap materi yang dibahas. Seiring dengan itu pikirkan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap materi yang sedang dibahas, dengan bermodalkan materi yang dibaca sebelumnya atau pengetahuan-pengetahuan lain yang serupa. Tujuan dari usaha itu tiada lain agar perkuliahan tidak berakhir dengan kebingungan, selain itu juga untuk menciptakan budaya diskusi di dalam kelas.
3.   Tuliskan setiap pengetahuan yang dianggap baru atau penting sedetil mungkin. Setidaknya dengan catatan yang kita buat dapat mengingatkan kita akan banyak hal yang telah dibahas dalam perkuliahan.
Pasal 3
Setelah Kuliah Selesai
1.   Langsung review catatan-catatan yang telah kita buat hari itu juga, supaya ingatan kita betul-betul mengikat setiap konsep dan pengetahuan yang telah dibahas. Langkah ini jangan sampai ditunda-tunda, karena kemungkinan besar setiap detil dari bahasan yang telah diterima, semakin hari akan semakin kurang lengkap alias lupa.
2.   Alangkah lebih baiknya materi-materi yang telah diterima dikembangkan lagi dengan membaca sumber-sumber lain yang terkait. Banyak cara untuk melakukan langkah ini, apalagi mahasiswa sekarang sebagian besar punya fasilitas internet yang dapat diakses kapan saja.
Sedikitnya 3 pasal di atas membuka jalan dalam perkuliahan yang diharapkan berbuah keberhasilan. Kekurangan dari pasal di atas tiada lain berupa improvisasi tambahan dari keunikan masing-masing individu.


Tulisan Berikutnya: "Ujian Iman"
Tulisan Sebelumnya: "Catatan Seorang Mahasiswa S2"
Tips Kuliah 4.5 5 Riki Ridwana -yang terabaikan- #Sigh... Begitulah luapan ekspresi mahasiswa karena aktivitas rutin perkuliahan.  Entah itu karena suntuk, cape...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.