Masih Sesuaikah Langkah Kita Hari Ini?

 

Setiap kita punya cita-cita, malah cita-cita ini sudah diinisiasi semenjak dini. “Kalian kalau sudah besar mau jadi apa?” Pertanyaan guru TK itu masih teringat jelas, seakan baru saja kemarin masuk SD, lulus SMP, lulus SMA dan seterusnya dan seterusnya...

Tapi betulkah kita termasuk orang-orang yang memelihara mimpi? Kalau iya, tengoklah setiap jejak langkah saudara sampai dengan detik ini, sudah sejalankah dengan apa yang dicita-citakan? Atau mungkin kita hanya orang yang memiliki angan-angan kosong, tanpa upaya nyata untuk meraihnya. Jangan sampai juga kita menjadi orang-orang yang menciutkan mimpi dari hari ke hari, karena merasa bahwa kenyataan kian kemari kian menghimpit.

Adalah Rasulullah saw. sosok yang memberikan contoh luar biasa. Di tengah himpitan perang, terpojok oleh kepungan musuh yang siap menyerang, Rasul tak pupus dan menghapus mimpi-mimpinya sama sekali. Kala itu berupaya parit (Khandaq) digali, batu besar pun menghalangi, tapi apa yang Rasul contohkan ketika terpojok oleh keadaan? Apakah Rasul mengurungkan mimpinya akan kejayaan Islam? Tidak, sama sekali tidak.

Saat itu sampai tiga kali kapak dihantamkan oleh Rasul pada batu besar, bersama itu pula terlihat kilat yang memancar hingga akhirnya batu besarpun hancur berserakan.

Apa yang Rasul sabdakan kepada para sahabatnya? Bahwa di masa depan kita akan mampu menghancurkan Kota-kota Kisra Persia, kita akan menaklukkan Kota-kota Kaisar Romawi, begitupun Ethiopia (Habasyah) dan juga Turki. Sepeninggal Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam, terjadilah apa yang diberitakan oleh beliau.

Saudaraku, mari kita berdoa bersama-sama semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk tetap gigih, tetap berada pada langkah-langkah yang sesuai dengan mimpi-mimpi yang hendak kita capai, dan semoga Allah memberkahi cita-cita kita, Aamiin.

Baca juga,
Tulisan Sebelumnya: "Ojo Ngoyo
Tulisan Selanjutnya: "Riwayat Pak Haji untuk Kami"
Masih Sesuaikah Langkah Kita Hari Ini? 4.5 5 Riki Ridwana Setiap kita punya cita-cita, malah cita-cita ini sudah diinisiasi semenjak dini. “Kalian kalau sudah besar mau jadi apa?” Pertanyaan gur...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.