Proses Penginderaan Jauh (bagian 2)

 

Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Proses Penginderaan Jauh (bagian 1). Ga panjang lebar mari kita simak kelanjutannya.

Ketika energi datang dan mengenai suatu obyek di permukaan bumi, maka akan terjadi suatu proses interaksi. Proses tersebut terjadi dalam tiga bagian yaitu pemantulan (reflected), penyerapan (absorbed) dan penerusan (transmitted). Hubungan ketiga interaksi energi tersebut disajikan pada Gambar di bawah ini.


Gambar: Hubungan Interaksi Antara Energi Elektromagnetik dan Objek di Permukaan Bumi (Sumber: Lillesand et al, 2008)

Hubungan interaksi antara energi elektromagnetik dan obyek di permukaan bumi terdiri dari pemantulan (reflected), penyerapan (absorbed) dan penerusan (transmitted) yang dituliskan dalam persamaan di bawah ini (Lillesand et al, 2008).

EI(X) = ER(X) + EA(X) + ET(X)                                                                       
dimana : EI(X) = energi yang datang
ER(X) = energi yang dipantulkan
EA(X) = energi yang diserap
ET(X) = energi yang diteruskan

Energi yang dipantulkan atau dipancarkan dari objek yang ada di permukaan bumi, diterima dan direkam oleh sensor dalam bentuk spektrum elektromagnetik, seperti yang disajikan pada Gambar di bawah ini.


Gambar: Spektrum Elektromagnetik
(Sumber: Borengasser et al, 2008)

Panjang gelombang yang ditangkap oleh indera penglihatan manusia yaitu visible light atau sinar tampak. Spektrometer adalah suatu alat optik yang digunakan untuk mengukur cahaya secara spesifik pada spektrum elektromagnetik. Dengan mengukur panjang gelombang spektrum secara tepat dapat dipelajari sifat alamiah dari sumber cahaya. Penggunaan spektrometer menghasilkan kurva pantulan dari beberapa material yang terdapat di permukaan bumi, yang disajikan pada Gambar berikut.
Gambar 2.4. Kurva Pantulan Beberapa Material Pada Permukaan Bumi (Sumber: www.remote-sensing.net)

Baca juga,
postingan sebelumnya: "Curug Dengdeng Tasikmalaya"
potingan berikutnya: "Koreksi Radiometrik (bagian 1)"
Proses Penginderaan Jauh (bagian 2) 4.5 5 Riki Ridwana Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Proses Penginderaan Jauh (bagian 1) . Ga panjang lebar mari ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.