TUGAS MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

 

1. Isilah titik-titik pada paragraf dibawah ini dengan memilih kata yang tepat yang sudah disediakan, sehingga terbentuklah pengetahuan yang utuh!

Pengertian dan Ruang Lingkup Geografi
....adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan dalam konteks keruangan (Ikatan Geografi Indonesia, 1988). Geografi sering disebut sebagai induk ilmu pengetahuan (mother of sciences) hal ini antara lain karena ruang lingkup kajiannya sangat luas sehingga tidak mungkin dikuasi hanya dalam satu mata pelajaran saja. Itulah sebabnya dijumpai berbagai disiplin ilmu yang merupakan cabang-cabang dari geografi. Secara garis besar ruang lingkup geografi dapat dibedakan atas 2 aspek utama, yaitu aspek....meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan sebagainya. Aspek....meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.

Objek Studi Geografi
Objek studi geografi adalah suatu gejala atau fenomena yang dibahas dan dikaji oleh geografi. Objek studi geografi dibagi 2 bagian yakni, objek....merupakan fenomena geosfer yang terdiri dari atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer. Sedangkan objek....merupakan pendekatan kewilayahan, kelingkungan, keruangan yang digunakan dalam menganalisis ruang lingkup geografi yang sangat luas.

Konsep Geografi
Menurut Sumaatmaja,....geografi adalah pola abstrak yang berkenaan dengan gejala-gejala konkret tentang geografi. Konsep geografi harus mendasari kajian berbagai faktor, gejala, dan masalah spasial, baik secara fisik, sosial maupun hubungan diantara keduanya. Konsep geografi, dapat dijelaskan secara denotatif dan secara konotatif. Konsep geografi secara....dapat menjelaskan berbagai pengertian gejala geografi berdasarkan definisi atau kamus. Misalnya, Erosi merupakan proses pelepasan dan pemindahan massa batuan secara alamiah dari suatu tempat ke tempat lain oleh suatu zat pengangkut di permukaan bumi. Konsep geografi secara....memiliki pengertian yang lebih luas dibandingkan secara harfiah. Didalamnya akan menyangkut semua aspek dengan semua konsep yang dibahas, misalnya melalui jumlahnya, jaraknya, persebarannya, maupun proses pembentukan dan manfaatnya.
Konsep Geografi menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI), terdiri atas konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi (bentuk lahan), aglomerasi (pemusatan), nilai guna, interaksi (hubungan timbal balik), diferensiasi area, dan interelasi (keterkaitan ruang). Konsep lokasi: rumah yang bagus dibangun dengan biaya sangat mahal nilai jualnya akan jatuh ketika dibangun dekat kuburan. Konsep jarak: hasil-hasil pertanian harganya akan mahal jika harus diangkut melalui jarak yang jauh. Konsep....: tempat yang jauh tidak selamanya susah dijangkau ketika prasarana dan sarana lalu lintas memadai. Konsep pola: pemukiman di daerah landai dan subur akan memiliki pola tersebar merata. Konsep....: pembangunan prasarana lalu lintas di wilayah perbukitan akan jauh lebih mahal. Konsep....: kumpulan rumah-rumah selalu mendekati wilayah lembah sungai, karena pada umumnya memiliki cadangan air mencukupi. Konsep....: ruang permukaan bumi tidaklah seragam. Konsep keterkaitan ruang: budaya tidak akan terlepas dari kondisi lingkungan.

Metode Pendekatan Geografi
Dalam mempelajari ruang lingkup geografi yang sangat luas diperlukan metode pendekatan yakni cara untuk menganalisis gejala dan fenomena geosfer. Pendekatan yang biasa digunakan dalam geografi terdiri dari tiga macam, yaitu keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan (kompleks wilayah). Pendekatan...., digunakan untuk mengetahui persebaran penggunaan ruang yang telah ada dan bagaimana penyediaan ruang yang akan digunakan untuk berbagai kegunaan yang telah direncanakan. Pendekatan....digunakan untuk mengetahui hubungan atau keterkaitan di suatu lingkungan tertentu, baik antar makhluk hidup dengan makhluk hidup itu sendiri maupun antara makhluk hidup dengan habitatnya. Pendekatan ini sering pula dinamakan pendekatan ekologis. Pendekatan....,pada dasarnya merupakan kombinasi antara pendekatan keruangan dan kelingkungan. Sebagai suatu wilayah di permukaan bumi yang memiliki karekteristik tertentu yang khas, yang membedakan diri dari wilayah-wilayah lainnya.

Prinsip-prinsip Geografi
Prinsip-prinsip dalam suatu ilmu juga tidak boleh diabaikan, karena merupakan dasar dalam setiap kajiannya. Geografi memiliki beberapa prinsip, yaitu persebaran, interrelasi (hubungan), deskripsi, dan keruangan. Prinsip...., fenomena yang terdapat di permukaan bumi selain sangat beragam juga tidak tersebar merata di setiap wilayah. Ketidakmerataan tersebut harus menjadi fokus kajian geografi untuk mengungkap dimana dan mengapa fenomena itu ada di situ. Prinsip...., merupakan prinsip untuk melihat pola hubungan antar faktor. Melalui prinsip ini, akan terungkapkan keterkaitan antara faktor fisik yang satu dengan faktor fisik yang lainnya, dan antara faktor fisik dengan faktor nonfisik. Prinsip...., merupakan prinsip yang memberi gambaran menyeluruh, tidak sebatas persebaran dan keterkaitan, tetapi juga dapat dilihat perbandingannya dengan yang lainnya. Prinsip keruangan, lebih menitikberatkan pada analisa gejala, fakta dan masalah dengan menekankan pada prinsip penyebaran, interrelasi dan interaksi dalam ruang. Ruang dalam permukaan bumi, tidak sebatas pada bagian bumi yang bersinggungan dengan udara saja, melainkan termasuk lapisan atmosfer terbawah yang mempengaruhi permukaan bumi. Prinsip ini memperhatikan persebaran, interrelasi dan interaksi antar komponen geosfera di permukaan bumi sebagai satu kesatuan ruang.
Prinsip-prinsip di atas dapat dipisahkan satu sama lain. Namun dalam prakteknya sulit untuk dipisahkan. Dalam mempelajari suatu masalah dan atau gejala, mengkaji sebarannya berdasarkan prinsip distribusi (penyebaran), tetapi tidak mungkin mengabaikan prinsip yang lain. Semua prinsip di atas selalu digunakan, baik secara serentak bersama-sama, maupun secara berurutan terpisah.

Pilihan Jawaban
Persebaran
Kewilayahan
Material
Fisik
Deskripsi
Keterjangkauan
Konsep
Konotatif
Keruangan
Aglomerasi
Morfologi
Sosial
Formal
Geografi
Denotatif
Kelingkungan
Interrelasi
Diferensiasi Area

2. Ambillah satu buah gambar/ foto terkait dengan fenomena geosfer, kemudian tempelkan pada buku catatan dan berikan deskripsi minimal 1 halaman penuh mengenai gambar tersebut menggunakan konsep, pendekatan dan prinsip geografi!

Perlu diperhatikan
*Jika anda sudah mengkopy tugas ini, cantumkan alamat e-mail dan/ atau nama lengkap anda pada link komentar di bawah!
*Khusus tugas nomor 1 disalin dan ditulis tangan pada buku catatan dalam bentuk paragraf yang sudah utuh & rapih.
*Buku catatan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
TUGAS MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG 4.5 5 Riki Ridwana 1. Isilah titik-titik pada paragraf dibawah ini dengan memilih kata yang tepat yang sudah disediakan, sehingga terbentuklah pengetahuan yang...


39 komentar:

  1. bapa tugas.a kebanyakan !

    email :: heldafujiutami@yahoo.co.id

    nama : helda fuji utami
    kelas : x-3

    BalasHapus
  2. hhhhaa Bner si Helda protess ... tpi bner deng pa Kbanyakan lieurr nyari nya jga !!!

    nama : Ismah Febrianti
    Kelas: x-3

    BalasHapus
  3. hhhhaa Bner si Helda protess ... tpi bner deng pa Kbanyakan lieurr nyari nya jga !!!

    e-mail: jrs_sejati@yahoo.co.id
    nama : Ismah Febrianti
    Kelas : x-3

    BalasHapus
  4. . bapak pucing ih baca'y juga ,. hehe !!!
    .tugas nya banyak ,...


    e-mail: men_sweet@ymail.com
    nama : mentari ayu
    kelas : x-3

    BalasHapus
  5. hhahhahha , dda emng banyak sok !!

    bappa biarin yya di prin trus nttar di tmppel lah di bukku yyayyayya ???

    BalasHapus
  6. E-mail :romeomuztdie@yahoo.com

    Nama :Andriana Rukmana

    Kelas :X - 3

    BalasHapus
  7. bapak,kalo yg di CD itu harus brapa lembar bikin nya

    BalasHapus
  8. E-mail: dzie_tanz@ymail.com
    Nama: Budi sulistiyo (charles)
    kelas: x-3

    (charles ti mna uyy hhaa))

    BalasHapus
  9. E-mail;megumi_junspica@yahoo.co.id
    Nama;Lusi Elsiandira.B
    Kelas;x 3

    BalasHapus
  10. Akhh bapa ngalieurkeun wae akhh !! :(

    E-mail ; mysweetmiea@yahoo.co.id
    Nama : Mia Fadilla
    Kelas x-3

    BalasHapus
  11. aly_akon@yahoo.com
    nur ali
    X3

    BalasHapus
  12. ass ..
    pak , kalo ngasih tugas lagi jngan banyak-banyak yaaah ... !! hahaha

    e-mail : v3.febry@gmail.com
    nama : fitry febriyanti
    kelas : x-3

    BalasHapus
  13. A....™


    Email : soemarnaardhi9@gmail.com
    Nama : Sumarna Ardi
    Kelas : X-2

    BalasHapus
  14. . ass ,,
    pak tugas nya banyak sangat !!
    dduh .. repot nya , hehe

    e-mail :
    nama : eka nuraeni
    kelas : x-3

    BalasHapus
  15. ampunnn bpk,,, tugas teh banyak2 amat.. huft.. T_T

    nama : Fahri Husaeni
    kelas : X-3

    BalasHapus
  16. masya ALLAH,,,ne tugas ga salah????
    meuni pusinkkkkkk
    Email :nha.tami@yahoo.com
    Nama :Herlinatami wasilah
    Kelas :x_3

    BalasHapus
  17. ohhhhhhh :(


    Email : mikailandrew@yahoo.com
    Nama : R Andrew Mikail
    Kelas : X-2


    "BANDUNG DEATH METAL SINDIKAT"

    BalasHapus
  18. weqs.....
    cuma sgini han yang koment na



    email:flameofdisaster@hotmail.com
    nama :Tesa Joelian's
    kelas:X-3

    BalasHapus
  19. bapa gg salah eta tugas iiii hesse

    BalasHapus
  20. bapa gg salah
    email:tyaraadiyanti@yahoo.com
    nama : tiara
    kelas : x-4

    BalasHapus
  21. kagak kurang banyak nie????!!!!!
    gila ajja...
    puccink bangets!!!
    email: ayulinggar55@yahoo.co.id
    nama: linggar ayu n
    kelas: x-1

    BalasHapus
  22. aduhhh, meniii
    banyakk gini !
    . harusnya kanddd liburan tuhhh, dinikmatin.
    . mati jhony !
    .
    .
    e.mail : tenzaichal@yahoo.co.id
    nama : tenza putri aprilliensa
    kelas : x*1

    BalasHapus
  23. haaahh .. tugas.a pusing pa ....
    _______________________________________________
    email : adietya.adiguna@yahoo.com
    nama : adietya adiguna
    kelas : X - 5

    BalasHapus
  24. pa, itu teh tugasnya melengkapi titik-titik yang kosong, terus kata-katanya uda ada, tinggal di masukkin ? gitu pa ?

    email : ratuku95@gmail.com
    nama : tiara puspita dewi
    kelas : x-2

    BalasHapus
  25. pak tu CD yang film gk di oper²...
    aku gak kebagian nihhhh
    gimana atuh pak aku gk bisa ngerjain !!

    by: The Last EarthBendeR and The Last CupuStyle
    1000tq ya semua klo ada CD nya bagi tar aku copy in ke komp ok2 sep2.....

    BalasHapus
  26. By GG_Sosrowijayan™
    Rider Comunity
    Al'Catraz
    ☼Mythology☼
    -MAU-LOE-APE-
    White_Tiger
    AxVeiNt
    aRmYFacToRy
    Sussis Community
    Barudak hungkul

    kk ini tugasnya kebanyakan... pusing aku jadi nya confuse gitu pak...meledak nih tanganku..
    ass...!!! wr wb............. swt

    BalasHapus
  27. itu blaga bgt yang nulis kagak bener !!
    ngacauin aja loe dasar ccd

    BalasHapus
  28. aduhhh ... pak gak salah ni tugas .. susah banget

    email: oisayu@gmail.com
    nama: ois ayu kristina heryana
    kelas : x-5

    BalasHapus
  29. ga kurang banyak tugasnya pak??

    email: geryriza@gmail.com
    nama: gery riza mukti
    kelas: x-5

    BalasHapus
  30. ass........
    pak ga salah ini teh tugasnya ?
    banyak pisan.............................n !!!
    nama : irwan irfansah
    kelas : X-4
    email : irfansyah@gmail.com

    BalasHapus
  31. seger pisan enk lebaran dapat THR(Tugas Hari Raya)
    nama : gugun gunawan
    kelas : x-4
    email : gungungonzalez@yahoo.com

    BalasHapus
  32. Wiwi Berkomentar...

    bapak makasih tugas nya sngat bnyak awas ue mun nilainya goreng jdi harus bgus ya nilainya
    kan ngerjain nya bnyakk bapa nyebelin ii tugas nya susah + bnyakk


    nama : Wiwi Widiyanti
    kelas : x-4
    email : widiantywie@yahoo.com

    BalasHapus
  33. mksh bnyk pa, bwat tugas.a...
    saya menderita..
    heheu..

    nama : laela sari putri
    kelas: x-4
    email: laelasariputri@yahoo.com

    BalasHapus
  34. ahhh
    arolo olo pisan
    kerjakeun mah keujakeun weh......

    nama : donny agung budiyanto
    kelas : X-1
    e-mail : domba_nipu@yahoo.co.id

    BalasHapus
  35. tugas nya kurang banyak gan ??
    .

    nama: Padli Ramadhanur Sulaeman
    kelas: X-1
    e-mail: padli_1196@yahoo.com

    BalasHapus
  36. tugas nya prikitiew!!!!!

    nama : Adji Amrulloh Hidayat
    kelas : x-6
    e-mail : adjiamrulloh@yahoo.com

    BalasHapus
  37. pa,tugasnya ngisi titik-titik soal yang bapa kasih bukan?

    nama:Nabila Nurul aliyah
    kelas:X-2
    email: aliyahnurulnabila@yahoo.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.